Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan bagi sebagian orang mungkin hal biasa, namun tidak sedikit dari mereka yang merasa kesulitan saat mempersiapkan perlengkapan tersebut, apalagi bagi pasangan yang baru pertama memiliki kandungan bayi untuk pertama kalinya bukan perkara yang mudah tentunya,

Namun dalam mempersiapkannya kita sudah seharusnya memperhitungkannya sematang mungkin guna mengatur biaya yang akan di keluarkan, karena perkembangan bayi pastinya akan terbilang cukup pesat, pastinya untuk kedepnnya sebagian barang barangnya harus di ganti lagi dengan yang baru, maka dari itu aturlah sesuai keperluan saja.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan

Berikut ini daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan

1. Baju bayi
Walaupun keadaan bayi masih dibedong, namun sikecil tetap membutuhkan baju. Jangan sampai ketika memberikan gurita tanpa menutupnya kembali dengan baju.

Untuk baju bisa pilih baju lengan pendek atau juga lengan panjang. Tapi untuk sikecil yang baru lahir, baju lengan pendek kayaknya sudah cukup karena nanti akan tertutup lagi dengan bedong. Pilih juga baju yang mempunyai kancing pada bagian depan supaya mudah saat memakaikannya. Pilih juga bahan yang lembut pastinya dan menyerap keringat.

2. Selanjutnya celana bayi atau popok
Siapkan juga celana pendek usahakan lebih banyak karena celana pendek biasanya lebih sering digunakan ketimbang celana panjang. dan pada umumnya bayi yang baru lahir hanya diberi popok saja dan belum dipakaikan celana. Popok ini hampir mirip seperti kain panjang dan terdapat tali pada bagian pangkalnya.

Dalam pemilihan popok, gunakan popok yang terbuat dari kain supaya nantinya bisa dicuci kembali. Hindari terlalu sering dalam menggunakan pampers karena efeknya dapat mengiritasi kulit bayi yang masih lembut. Sekarang sudah banyak dijual popok yang siap pakai atau bias disebut clodi, clodi ini lebih praktis karena bentuknya hampir mirip dengan pampers tapi kelebihannya bisa dicuci kembali.

3. Kaus kaki
Kaos kaki ini berguna untuk menjaga kehangatan pada bagian kaki si bayi. Pilihlah kaos kaki yang pas dan hindari juga yang bagian karetnya terlalu ketat karena bisa menyakiti bayi.

4. Sarung tangan
Tidak jauh berbeda dengan sarung kaki, sarung tangan juga bertujuan untuk menjaga supaya tangan bayi tidak kedinginan. jangan lupa pilih juga sarung tangan yang ujung karetnya tidak terlalu mengkerut.

5. Topi bayi / Kupluk
Pilih topi bayi yang pastinya ukurannya sesuai dengan kepala bayi. Pilih topi yang memiliki bahan lembut supaya si bayi terasa nyaman.

6. Bedong bayi
Untuk bedong pilih yang ukurannya agak lebar dan pastinya berbahan lembut. Bisa juga di cari di toko.

7. Gurita
Pilih gurita yang memiliki bahan lembut dan memiliki bentuk agak lebar.

8. Jaket bayi
Mengenai jaket bayi, mungkin ini belum terlalu penting, karena biasanya bayi baru lahir masih menggunakan bedong. Namun jika bunda ingin mempersiapkannya lebih awal ini akan lebih baik lagi karena saat bepergian bisa di gunakan. Pilih jaket bahan lembut dan berbahan adem supaya bayi tidak kepanasan saat dipakaikan jaket.

Peralatan Mandi

Berikut Peralatan mandi yang harus dipersiapkan diantaranya:

1. Bak mandi
Bak mandi atau ember untuk mandi bayi pilih yang memiliki bentuk tidak terlalu lebar dan yang ada dudukannya untuk sikecil saat dimandikan.

2. Perlak mandi
Perlak mandi biasa digunakan setelah selesai memandikan sikecil supaya pada bayi ngompol tidak membasahi langsung pada kasurnya.

3. Sabun mandi
Pilih sabun mandi khusus bayi untuk kulitnya yang masih sensitif.

4. Shampoo bayi
Gunakan juga shampoo bayi yang memang sudah di buatkan khusus untuk bayi.

5. Bedak bayi
Bedak atau talk ini digunakan untuk membedaki bayi supaya si bayi terlaihat lebih manis. Jangan memilih bedak bayi dengan ukuran terlalu besar, karena nantinya akan habis dalam waktu yang cukup lama sehingga baunya bisa menjadi menjadi bau apek.

6. Tissu basah (Baby wipes)
Tissu basah ini biasa digunakan ketika membersihkan sikecil sehabis buang air besar atau buang air kecil. namun Jika tidak suka menggunakan tissue basah, kita dapat memilih menggunakan kapas dan air bersih.

7. Gunting kuku
Gunting kuku untuk memotong kuku sikecil karena biasanya kuku sikecil lebih cepat panjang.

8. Handuk bayi

Pilih handuk lembut yang dapat menyerap keringat, jangan pilih ukuran handuk yang memiliki ukuran terlalu kecil.

9. Minyak telon
Pilih minyak telon khusus bayi. Minyak telon ini dapat berguna untuk memberi kehangatan sesudah bayi dimandikan.

Perlengkapan tidur

Mengenai peralatan tidur, hal hal yang harus di persiapkan diantaranya:

1. Tempat tidur atau Kasur bayi
Kita dapat menggunakan tempat tidur khusus bayi untuk menidurkan bayi supaya ada jarak dengan tidur kita.

2. Bantal guling
Pilih Bantal dan guling yang bentuknya sesuai dengan ukuran sikecil.

3. Perlak alas tidur
Perlak ini biasa digunakan untuk alas tidur. Saat menggunakan jangan lupa berikan alas kain agar perlak tersebut tidak langsung menempel pada kulit bayi

4. Kelambu
Kelambu untuk sikecil supaya terhindar dari gigitan nyamuk

Selanjutnya perlengkapan makan

Berikut ini peralatan makan yang harus di persiapkan:

1. Botol bayi
Bisa berguna untuk menyimpan ASI dalam botol, atau susu bubuk cadangan, pilih botol yang berlabel BPA free.

2. Gendongan bayi
Pilih gendongan yang sesuai dengan kenyamanan kita saat menggendong nanti.

3. Termos botol
Termos ini berguna untuk menyimpan ASI di botol.

4. Bottle warmer
Bottle warmer atau biasa di sebut penghangat botol dan digunakan untuk menghangatkan ASI dibotol yang didinginkan.

Nah mudah mudahan daftar perlengkapan bayi baru lahir dan jumlahnya di atas bisa bermanafaat
This Is The Newest Post
Facebook CommentsShowHide