Inilah Cara Mendidik Anak Ala Rasulallah Yang Baik

Cara Mendidik Anak Ala Rasulallah - Dalam Islam sendiri banyak beberapa hal yang harus dilakukan dalam mendidik anak. Ketentuan pada Alquran dan juga beberapa hadis Nabi pun telah jelas Bagaimana cara mendidik anak dengan baik. Namun meskipun begitu saat ini orang tua juga masih bingung bagaimana cara mengajari dan mendidik anak. Apalagi bila mereka ingin memiliki anak yang sholeh dan juga solehah.

Sehingga pembentukan karakter yang baik serta akhlak yang mulia harus diajarkan kepada anak sejak dini. Lalu Bagaimana sih cara mengajar anak agar menjadi anak yang lebih baik serta berakhlak mulia? berikut ini kami akan mengulas cara mendidik anak ala rosulallah yang benar yang bisa Anda coba.

Cara Mendidik Anak Ala Rasulallah Yang Tepat

Cara Mendidik Anak Ala Rasulallah
Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar cara mendidik anak ala Rasulullah menurut hadits yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa cara mendidik anaknya sebagai berikut:

Pada Usia 0 Hingga 6 Tahun

Pada usia ini cara mendidik anak ala rosulallah dengan tepat sudah cukup jelas. Anda sebagai orang tua harus selalu mengasihi menyayangi serta memanjakan anak. Meskipun Anda harus menyayangi si anak tentu bila melakukan kesalahan harus tetap dididik dengan baik. Anda tidak boleh langsung memukul si anak dan melakukannya secara kasar. Yang perlu dilakukan hanya menasehati serta memberikan pengertian bila tindakan yang mereka lakukan adalah salah. Secara tidak langsung pun anak akan mengerti dan tidak akan mengulangi kesalahan yang telah terjadi. Dengan mendidik secara begini anak akan mengerti bila orang tuanya masih menyayangi.

Pada Usia 7 Hingga 14 Tahun

Selanjutnya cara mendidik anak ala rosulallah dengan tepat yaitu pada usia 7 hingga 14 tahun harus diajarkan di siplin serta tanggung jawab. Pada usia ini anda bisa mendidik anak dengan memukul namun tidak keras. Contohnya saja ketika mereka malas untuk mendirikan shalat ketika telah berumur 10 tahun maka Anda bisa memberikan pukulan. Setidaknya tidak boleh memukul bagian muka dan hal-hal sensitif lainnya agar anak tidak terlalu tersudut. Dengan begini anak akan lebih bertanggung jawab untuk melakukan sholat dan berbagai hal lain.

Pada Umur 15 Hingga 21 Tahun

Seperti yang kita ketahui pada usia ini merupakan fase remaja sehingga untuk sikap dari anak lebih labil. Mereka akan lebih cerewet hingga memberontak kepada orang tua. Untuk cara mendidik anak ala rosulallah yang benar Anda bisa mencoba berbincang dan melakukan sesi curhat. Hal ini dilakukan agar sih anak baik itu remaja perempuan maupun lelaki tidak mengambil keputusan yang buruk. Dengan begitu si anak dapat bertanggung jawab dan memilih jalan yang baik.

Pada Usia 21 Tahun Keatas

Cara mendidik anak ala Rasulullah hingga dewasa ini tentu Anda harus diberi kebebasan serta kepercayaan pada mereka. Namun seringkalilah untuk membimbing dan memberikan nasehat yang mereka lakukan sudah betul atau masih salah. Pastikan Anda juga memberikan larangan sekecil-kecilnya agar anak juga tetap bertanggung jawab dan memiliki kedisiplinan. Dengan ajaran seperti ini dapat dipastikan anak Anda akan menjadi anak sholeh serta sholehah.

Baca juga: Cara Mengajari Anak Agar Patuh Kepada Orangtua

Nah itulah beberapa informasi seputar cara mendidik anak ala rasulallah secara benar yang bisa Anda coba. Dengan menggunakan cara didikan tersebut Anda mampu memiliki anak yang berbakti serta bertauladan baik. Semoga dengan adanya artikel diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih :)
Facebook CommentsShowHide