Mendidik Anak Lewat Dongeng Bermanfaat atau Tidak?

Mendidik Anak Lewat Dongeng - Cerita atau dongeng menjadi hal yang paling diminati oleh anak-anak.Dengan berdongeng dan menceritakan berbagai hal tersebut secara tidak langsung anak-anak mampu belajar. Baik itu mengenai berbagai karakter yang ada dalam cerita atau dongeng serta perlakuan baik dan buruk serta dampak yang akan diberikan akhirnya. Namun saat ini dongeng menjadi hal yang dianggap membuang-buang waktu dan tidak banyak manfaat.

Tapi tahukah Anda sebagai ternyata mendidik anak lewat dongeng memiliki banyak hal positif. Bila Anda penasaran akan manfaat dari mendidik anak lewat dongeng serta berbagai keuntungan lainnya. Yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini

Mendidik Anak Lewat Dongeng Terbaik


Mendidik Anak Lewat Dongeng

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar mendidik anak lewat dongeng yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa informasi mengenai cara mendidik anak lewat dongeng sebagai berikut ini:

Mampu Meningkatkan Imajinasi


Pada umumnya dongeng akan menceritakan cerita masa lalu baik itu nyata atau tidak. Seperti yang kita ketahui bila dongeng akan berkaitan dengan tokoh binatang. Seperti beberapa dongeng yang terkenal tentang kancil buaya dan sebagainya. Bila kita mendidik anak dengan beberapa cerita tersebut secara tidak langsung akan membuatnya mampu meningkatkan imajinasi anak. Ia nanti akan berpikir untuk menggambarkan tokoh tokoh dalam dongeng yang dikisahkan. Ia akan berpikir secara kritis dan berimajinasi sendiri bagaimana karakter latar sebuah dongeng yang dikisahkan.

Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Tinggi


Tahukah Anda terkadang kebanyakan dari anak yang telah mendengarkan berbagai kisah dongeng dan mencoba untuk berimajinasi sendiri. Terkadang dalam imajinasinya ia masih belum mengerti dengan dongeng tersebut sehingga secara tidak langsung ia akan bertanya kepada orang tua. Inilah yang menjadi kelebihan tersendiri bila anak dididik lewat dongeng karena mampu meningkatkan rasa keingintahuan yang lebih tinggi. Berbagai pertanyaan nanti akan ia lontarkan sehingga orang tua akan membantu anak menjawab beberapa pertanyaan agar menjadi lebih mengerti.

Orang Tua Dan Anak Lebih Dekat.


Bila Anda mendidik anak lewat dongeng tentu kelebihan yang lainnya mampu mendekatkan orang tua dan anak. Ketika Anda sebagai orang tua sedang menceritakan berbagai dongeng kepada anak tentu secara tidak langsung akan timbul komunikasi antara Anda dan buah hati. Bahkan Anda pun juga menjawab dari beberapa pertanyaan si anak karena ketidak mengertiannya.
Bila dilihat dari segi ini secara tidak langsung pun anak akan berani untuk bertanya tentang beberapa hal yang tidak ia ketahui. Anak tersebut menjadi tidak sungkan maupun takut akan sebuah pertanyaan yang ditanyakan.

Adanya keteladanan untuk anak


Manfaat dan mendidik anak lewat dongeng salah satunya ialah meninggalkan keteladanan untuk anak. Pada umumnya dari sebuah cerita atau dongeng memiliki karakter-karakter yang berbeda serta alur yang berbeda pula. Di setiap karakter pada tokoh tersebut pastinya memiliki perilaku yang berbeda-beda. Sebagai orang tua ketika membacakan dongeng ada baiknya Anda juga memberikan pemahaman bahwa sikap tokoh-tokoh pada dongeng yang telah dibacakan tersebut menyampaikan bila perilaku apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Si anak nantinya akan mengerti hal-hal apa yang tidak boleh dan baik untuk dilakukan.

Baca juga: Bunda, Begini Cara Mendidik Anak Hidup Sederhana

Itulah informasi dapat kami sampaikan seputar cara mendidik anak lewat dongeng yang bisa Anda ketahui. Dalam beberapa hal memang membacakan dongeng untuk anak memiliki berbagai manfaat. Salah satunya mampu membentuk pengetahuan serta karakter dari si anak. Semoga tips parenting di atas bermanfaat :)
Facebook CommentsShowHide