Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Pintar Dan Cerdas

Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Pintar – Memiliki anak laki-laki bisa dikatakan sebagai anugerah yang tak terbatas. Hal ini mengingat anak laki-laki merupakan tonggak keluarga kita nantinya. Untuk itu sangat penting sekali bagi orangtua agar memberikan didikan yang tepat supaya ia bisa tumbuh sebagai laki-laki yang berani, cerdas, pintar dan juga terbuka.

Nah bagi bunda dan ayah yang saat ini merasa kerepotan untuk mendidik anak laki-laki, kami punya tipsnya lho bunda. Ingin tahu cara mendidik anak laki-laki agar pintar dan cerdas? Yuk cari tahu informasi lengkapnya berikut ini!

Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Pintar Dan Berani


Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Pintar Dan Berani

Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips parenting terbaik sebagai cara mendidik anak laki-laki agar pintar dan berani secara alami. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Biarkan Ia Aktif


Cara mendidik anak laki-laki agar pintar dan berani ialah biarkan ia aktif. Kebanyakan orangtua jaman sekarang lebih condong membatasi kegiatan yang dilakukan oleh anak laki-laki. Entah karena khawatir atau karena sebab yang lain. Setidaknya biarkan ia berekspresi dengan kemampuannya yang masih minim. Ini untuk menstimulus otak buah hati agar berkembang.

Misalnya untuk minum, biarkan ia mencoba mengambil gelas sendiri (sediakan gelas platis dengan gambar yang keren). Setelah itu biarkan ia mengambil air dari dispenser yang tinggal tekan atau tarik. Namun disini Anda juga harus menemani ia sembari mengajari cara yang benar.

Berikan Mainan Yang Bisa Membuat Ia Aktif Dan Bergerak


Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh orangtua jaman sekarang ialah terlalu memanjakan anak dengan memberikan handphone atau tablet sebagai media untuk bermain. Bunda, cobalah untuk membeli mainan yang sekiranya bisa membuat anak menjadi aktif. Jangan biarkan anak kita menyentuh gadget sewaktu kecil.

Hal ini bertujuan agar ketika ia dewasa, ia bisa merasakan beta serunya hidup tanpa ketergantungan gadget. Selain itu ajari juga kalau fungsi dari gadget hanyalah untuk sarana pendidikan dan komunikasi. Ini untuk melindungi buah hati dari kesalahan penggunaan teknologi. Adapun beberapa jenis mainan yang bisa membuat aktif ialah bola sepak, raket, drum stick, dan lain-lain.

Ajari Dia Untuk Menyelesaikan Puzzle


Cara mendidik anak laki-laki agar pintar yang benar ialah dengan memberikan mainan berupa puzzle. Disini puzzle akan membantu buah hati dalam memaksimalkan kinerja otak. Cobalah beli puzzle dengan gambar yang unik dan lucu yang ia sukai. Setelah itu bongkar puzzle tersebut dan ajari anak kita untuk menyusunnya secara ulang. Nantinya ketika bermain puzzle, ia akan mencoba mengingat posisi dan bentuk awal dari puzzle tersebut. Ini penting agar memori otaknya berkembang dengan pesat.

Jangan Hanya Dimarahai, Berikan Pembenarannya Juga!


Cara mendidik anak laki-laki agar pintar dan berani ialah dengan mengajarinya berkata jujur sedari awal. Ketika ia bertindak salah, jangan langsung memarahi. Tanya sebabnya, berikan penjelasan lalu ajari bagaimana cara melakukan yang benar. Ini untuk membuat anak terbiasa terbuka kepada orangtua serta berani meminta solusi terbaik kepada orangtua. Hal ini mengingat keadaan jaman sekarang lebih mendorong anak untuk tertutup kepada orangtua sekalipun punya masalah yang besar. Alhasil anak pasti terjerumus ke jalan yang salah.



Oke, itulah tadi beberapa cara mendidik anak laki-laki agar pintar dan berani yang bisa Anda coba. Semoga beberapa tips parenting di atas bermanfaat J
Facebook CommentsShowHide